Makanan Khas Solo Yang Wajib Kamu Coba & Tempat Mencobanya


Mencicipi makanan khas Solo adalah daya tarik utama dan salah satu aktivitas wajib yang harus kamu lakukan saat liburan ke Kota Batik ini.

Variatifnya makanan khas Solo ini seakan menutupi minimnya spot wisata asyik di kota, yang juga kerap disebut sebagai Surakarta itu. Ya, di Solo, destinasi wisata yang ditawarkan tidak semenarik seperti di Yogyakarta, Semarang dan bahkan Klaten dan Karanganyar sekalipun, yang merupakan ‘kota tetangga’ dari Solo.

Kalau ada rencana untuk berwisata kuliner di Solo, 12 tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu merasakan cita rasa dan makanan khas Solo.

1. Nasi Liwet
Makanan khas Solo yang satu ini memiliki reputasinya tersendiri. Nasi putih yang disajikan dalam pincuk daun pisang bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan telur rebus ditambah sedikit santan kental gurih yang disebut areh ini akan membawa kamu ke dunia yang berbeda.

Salah satu penyaji nasi liwet yang ikonik di Kota Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan penjual nasi liwet Solo lainnya, namun rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 19,000 IDR per porsi

2. Serabi
Serabi memang sudah membuka cabang di seluruh Indonesia, tapi jika kamu ingin mencoba yang asli, silakan langsung mampir ke Solo.

Serabi Notosuman sudah melayani pelanggannya sejak 1920-an, dan mereka sukses bertahan karena mempertahankan cita rasanya yang manis, lembut dengan santan yang terasa kuat di mulut. Jika membelinya langsung di Notosuman, kamu juga bisa mendapat bonus melihat langsung pembuatan serabi dengan teknik yang menjaga kearifan lokal. Oh iya, untuk mendapatkannya, kamu harus mengantri karena peminatnya sangat banyak. Yang sabar, ya!

Serabi Notosuman
Lokasi: Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 1,800 IDR per buah

3. Selat Solo
Selat solo adalah hidangan khas Jawa dengan pengaruh dari Eropa dan merupakan makanan khas Solo. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju ke Warung Selat Mbak Lies.

Lokasinya tersembunyi dan interior warungnya juga unik. Bayangkan rasa yang kamu dapat kala menikmati seporsi sup lengkap dengan wortel, tomat dan buncis, ditambah acar bawang goreng, potongan kentang goreng, irisan telur pindang dan sayur mayones, plus potongan daging bistik. Penasaran seperti apa rasanya, well, kamu harus mencobanya langsung.

Warung Selat Mbak Lies
Lokasi: Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

4. Timlo
Makan timlo di Solo adalah keharusan. Untuk mendapatkan yang terbaik, silakan berkunjung ke Warung Timlo Solo Sastro di wilayah Pasar Gede. Kuliner soto dengan citarasa sup ini menawarkan kesegaran dalam setiap suapan.

Untuk mendapatkan kesan mendalam, materi soto di dalamnya harus kamu cicipi, seperti mie soun, suwiran ayam, potongan sosis Solo, wortel dan irisan telur masak kecap. Tambahkan irisan hati ayam dan telur dadar untuk melengkapi hidangan sebelum kemudian disiram kuah kaldu panas yang menyegarkan. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kamu.

Warung Timlo Solo Sastro
Lokasi: Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 7,000 IDR per porsi untuk paket hemat hingga 18,000 IDR untuk paket lengkap

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts