Destinasi Wisata Balikpapan untuk Liburan Seru di Kalimantan Timur


Tak hanya dikenal sebagai Kota Minyak, Balikpapan ternyata juga menyimpan destinasi wisata yang menarik perhatian penduduk lokal dan internasional, lho. Berbagai objek wisata di Balikpapan baik untuk rekreasi bersama teman-teman, keluarga, hingga solo traveler, bisa kamu temukan di Ibukota Kalimantan Timur, ini. 

Penasaran seperti apa serunya ragam objek wisata yang ada di Balikpapan? Yuk, intip beberapa rekomendasi tempat wisata di Balikpapan terbaik berikut:


1. Dahor Heritage

Objek wisata di Balikpapan yang pertama ini tak lepas dari sejarah Balikpapan sebagai Kota Minyak. Pada era 1920-an, para pekerja kilang minyak di Balikpapan kerap mengakhiri harinya dengan bersantai dan beristirahat di sebuah kompleks perumahan dinas. Kini, kompleks yang masih berdiri kokoh tersebut disulap jadi cagar budaya bernama Dahor Heritage.

Masih dalam kondisi prima, rumah panggung dengan arsitektur khas Belanda tersebut menyimpan koleksi buku serta foto-foto hitam-putih yang menangkap sejarah awal pendayagunaan minyak di Balikpapan.

Lokasi: Dahor Heritage - Jl. Dahor No.1, Baru Ilir


2. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Ingin melihat sosok menggemaskan beruang madu secara langsung? Maka, kunjungi Pusat Beruang Madu yang terletak di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)! Destinasi tempat wisata di Balikpapan ini akan berikan kamu gambaran mengenai gaya hidup dan sistem konservasi untuk menjaga populasi beruang madu di Kalimantan yang jumlahnya kian menyusut.

Lokasi: KWPLH - Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185


3. Pantai Kemala

Sebagai kota pelabuhan, pantai menjadi objek wisata di Balikpapan yang cukup mudah ditemukan. Namun, salah satu yang paling populer dan mudah dijangkau tentu saja adalah Pantai Kemala. Karena terletak di jantung Kota Balikpapan, kamu tidak perlu berkelana melewati kelok-kelok perbukitan untuk mencapai wisata pantai di Balikpapan ini. Sesampainya di sana, kamu dapat menikmati pasir lembut dan ombak tenang, atau bermain banana boat dan jet ski.

Lokasi: Pantai Kemala - Jl. Jenderal Sudirman


4. Aquaboom Waterpark

Bukan taman air biasa, Aquaboom Waterpark terletak di atas sebuah gedung. Berada di lantai 7 Balikpapan Superblox Complex (BSB), taman bermain ini sudah populer di kalangan para pelancong yang ingin mencoba berbagai wahananya, seperti Thunder Bolt, Race Buster, dan Huricane Slider. Untuk kamu yang berlibur ke Balikpapan bersama keluarga objek wisata Balikpapan satu ini jelas bisa jadi salah satu pilihan yang pas.

Usai puas bermain, kamu dapat turun memasuki area mall untuk mencari makan atau melanjutkan jalan-jalan. Praktis, kan?

Lokasi: Aquaboom Waterpark - Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7


5. Belanja Pernak-pernik di Kebun Sayur

Mendengar nama Pasar Inpres Kebun Sayur, jangan dulu kira kamu akan berbelanja sayur-mayur. Di dalam pasar yang diresmikan tahun 1983 ini, kamu dapat menemukan camilan, perhiasan, tas, serta pernak-pernik bermotif khas Dayak. Karena produk yang bervariasi, Pasar Inpres Kebun Sayur menjadi destinasi wisata belanja di Balikpapan yang pas untuk mencari oleh-oleh untuk kawan dan kerabat.

Lokasi: Pasar Inpres Kebun Sayur - Jl. Letjen Suprapto, Marga Sari


6. Menyusuri Sungai Somber Dengan Kelotok

Di tepi Sungai Somber, Balikpapan, sulit dipercaya bahwa sebuah Mangrove Center seluas 150 hektar dibina sebatang kara oleh seorang pria bernama Agus Bei. Walaupun sempat dipandang sebelah mata oleh warga sekitar, kini ratusan turis berdatangan ke tempat wisata di Balikpapan ini setiap bulannya untuk menyusuri sungai dengan perahu kelotok dan menyejukkan diri di hutan yang telah ia bangun. Bila kamu berencana mampir, jangan lupa perhatikan sekitar untuk ragam flora serta satwa bekantan!

Lokasi: Mangrove Center Graha Indah - Graha Indah Gang Mangrove VI RT.14, Batu Ampar


7. Wawasan Kampung Atas Air

Wawasan Kampung Atas Air merupakan objek wisata di Balikpapan yang spesial karena wujudnya yang paralel dengan Venice, kota terapung di Italia. Tempat tinggal bagi warga Desa Margasari, destinasi tempat wisata di Balikpapan ini menawarkan pemandangan spektakuler rumah-rumah kayu dan perahu motor yang berdiri kukuh di atas permukaan air laut.

Habiskan waktu di objek wisata Balikpapan ini dengan menapaki jembatan kayu ulin, menyicipi makanan di restoran, dan menyaksikan indahnya kilau emas desa saat matahari terbenam.

Lokasi: Wawasan Kampung Atas Air - Desa Margasari, Jl. Sepaku, Baru Tengah


8. Danau Cermin

Sesuai dengan namanya, Danau Cermin di Balikpapan bakal pukau kamu dengan kemampuannya memantulkan alam sekitar layaknya sebuah cermin. Destinasi tempat wisata di Balikpapan ini terbentuk setelah sebuah tanah kosong dikeruk untuk kebutuhan proyek, kemudian hasil cekungannya menampung air hujan sehingga lahirlah danau indah ini. 

Dikelilingi dengan rimbunya pepohonan yang teduh, ditambah permukaan air yang sangat jernih membuat tempat wisata di Balikpapan ini jadi buruan penggemar fotografi untuk berburu foto-foto alam Kalimantan yang ekstotis.

Lokasi: Danau Cermin - Jalan Rawamangun, RT 20, Kelurahan Lamaru


9. Kebun Raya Balikpapan

Bukan hanya di Bogor, kamu juga bisa mengeksplorasi ragam flora Indonesia di Kebun Raya Balikpapan. Terletak di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, objek wisata alam di Balikpapan ini dibuka pada tahun 2014 sebagai sarana rekreasi, konservasi, serta pelestarian tanaman asli Kalimantan. 

Kunjunganmu ke tempat wisata Balikpapan ini akan semakin lengkap jika kamu membawa sepatu lari agar bisa menggunakan fasilitas jogging track kebun raya sambil menghirup udara segar yang bersih dari polusi.

Lokasi: Kebun Raya Balikpapan - Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang


10. Pantai Lamaru

Selain Pantai Kemala, masih ada beberapa destinasi wisata pantai di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Lamaru. Tempat wisata di Balikpapan ini terkenal akan keberadaan pohon-pohon cemara yang mengelilingi bibir pantai menambah sehingga menambah kesejukkan dan atmosfer segar di Pantai Lamaru.

Lokasi: Pantai Lamaru - Jl. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kaltim.

SITUS POKER & DOMINO TERBAIK & TERPERCAYA SEJAK 2016TINGKAT DAN PELUANG KEMENANGAN LEBIH BESA

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts