5 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dicoba


Kota Bandung terletak di daerah cekungan yang dikelilingi pegunungan dan berada pada ketinggian 700-1000 meter di atas permukaan laut dengan beragam kuliner bandung yang siam memanjakan perut. Suhu terendahnya di Bandung dapat mencapai 23 derajat Celsius, namun kadang suhunya bisa naik menjadi 30 derajat Celsius saat sedang panas. Untuk menuju ke Bandung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau berbagai jenis transportasi umum, seperti kereta api, pesawat, dan bus. Kota Bandung merupakan salah satu kota wisata andalan di Indonesia dengan banyak kuliner bandung yang bisa dinikmati. Itulah sebabnya, Bandung selalu menyuguhkan konsep tempat liburan terbaik dan unik. Kota Paris van Java ini tidak hanya menghadirkan kawasan rekreasi yang menarik, tetapi juga aneka ragam wisata kuliner. Mulai dari masakan tradisional hingga internasional, semua jenis wisata kuliner tersedia di Bandung. Soal rasa, jangan ditanya lagi, kuliner Bandung senantiasa menawarkan kelezatan yang tak terlupakan. Penasaran dengan aroma dan cita rasa kuliner Bandung? Berikut ini tersaji 25 tempat kuliner Bandung yang wajib Anda cicipi. Yuk, simak!

1. Sapulidi Lembang

Slogan “back to nature” memelopori berdirinya kawasan kuliner Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi berhasil menyita perhatian publik. Hampir setiap hari, tempat kuliner Bandung yang satu ini ramai dikunjungi wisatawan domestik dan luar negeri. Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana Anda akan menikmati aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung tersebut dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga beberapa yang terletak di area persawahan. Antar saungnya dihubungkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pepohonan dan hamparan rumput hijau sehingga sangat terasa alami.

Untuk memesan makanan, Anda harus memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Semua jenis kuliner lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam edan, merupakan beberapa contoh makanan andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau di tempat kuliner ini. Selain itu, tersedia juga masakan khas Sunda, Jawa, hingga internasional.


2. Kampung Daun

Ingin menikmati dinner romantis? Kampung Daun menghadirkan restoran bertema cafe and culture gallery. Saat malam hari, kawasan wisata kuliner Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansanya tradisional, hening, nyaman, dan berhawa sejuk dengan tempat makan didesain dalam bentuk saung bambu dengan konsep lesehan. Di bagian depan Kampung Daun, terdapat beragam jajanan zaman dahulu, antara lain dodol, gulali, dan kembang gula. Selain itu, ada pameran permainan tradisional yang akan mengingatkan Anda pada masa kecil era 90-an. Jika ingin membeli oleh-oleh khas Bandung, Anda bisa mengunjungi galeri suvenir. Menu yang disuguhkan di tempat wisata kuliner Bandung ini cukup beragam, antara lain masakan khas Indonesia, western, Italia, dan aneka makanan ringan. Penyajian makanan dilakukan dengan dua cara, yaitu modern dan tradisional. Harga kulinernya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp8.000 saja. Anda bisa menyambangi tempat kuliner Bandung ini dari pukul 11.00 sampai 23.00 waktu setempat.

3. Raja Rasa

Anda menyukai masakan Sunda dan Seafood? Bertandang ke Raja Rasa adalah pilihan tepat. Pasalnya, restoran ini menawarkan aneka makanan khas Sunda dan ikan laut yang diolah dengan bumbu khas Bali. Beberapa menu favorit yang bisa dinikmati antara lain gurami bakar Jimbaran, nasi timbel, nasi ulam, ayam bakar, camilan tahu berbumbu, udang saus keraton, dan kepiting asam pedas. Jika tidak mau ribet, Anda bisa memilih menu paket. Tersedia dua jenis menu paket, yaitu paket 4 orang dan paket personal. Paket ini berisi nasi lengkap dengan lauknya. Selain itu, tersaji minuman ala Bandung, seperti es cincau dan Fresh Raja Rasa. Restoran kuliner bandung yang berlokasi di Jalan Setra Ria ini memiliki desain interior tradisional Sunda dan Jepang serta terdiri dari dua lantai dengan konsep berbeda. Lantai satu dirancang klasik, sedangkan di tingkat kedua menyuguhkan tempat makan ala Jepang. Ruangan tersebut didominasi furnitur kayu dan dekorasi bambu.

4. Maja House

Berada di lantai atas Hotel Stevie G, Maja House menawarkan pemandangan Kota Bandung yang indah. Anda bisa memilih tempat makan di kursi atau di atas day bed yang tersedia. Day bed merupakan bale beralas kasur busa. Di bale ini terdapat meja untuk menaruh makanan. Tak hanya itu, live music pun akan disuguhkan untuk menemani Anda saat bersantap. Soal kelezatan kuliner Bandung, Maja House jagonya. Beberapa menu andalan yang rasanya pas di lidah antara lain berbagai jenis pizza, salad, steak, pasta, dan spaghetti. Di samping itu, Anda juga bisa mencicipi masakan nusantara, seperti misalnya sop buntut dan iga bakar. Untuk mengobati dahaga, Anda bisa mencoba Signature Apple Mojito yang menawarkan kesegaran rasa apel dipadukan dengan soda. Aneka kuliner tersebut dibanderol mulai harga Rp32.000 saja. Untuk menuju kafe mewah ini, Anda harus memasuki kawasan Hotel Stevia G di Jalan Sersan Bajuri, Lembang. Akses ke sana tergolong mudah jika berangkat dari arah Stasiun Bandung. Waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit dengan berkendara.

5. Atmosphere Resort Cafe

Atmosphere Resort Cafe merupakan restoran bergaya Bali dan Sunda yang bertempat di jantung Kota Bandung. Berlokasi hanya 15 menit dari alun-alun, tempat wisata kuliner Bandung ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Konsep bersantap di saung dan gazebo merupakan fasilitas istimewa yang sulit Anda nikmati di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat makan karena kafe ini mampu menampung lebih dari 600 orang sekaligus. Harga makanan dan minuman di kafe Atmosphere cukup terjangkau. Untuk makanan utama, harganya mulai dari Rp50.000 saja. Sementara harga makanan penutup mulai dari Rp20.000. Tidak ketinggalan, aneka jus, es krim, dan cokelat disajikan dengan rasa yang khas. Kalau tidak mau ribet, Anda bisa memesan paket kuliner Bandung yang terdiri dari lima jenis masakan. Cukup dengan membayar Rp40.000 sampai Rp70.000, paket tersebut sudah dapat dicicipi. Menariknya, Atmosphere Cafe juga menyuguhkan televisi raksasa untuk acara menonton bersama. Jika membutuhkan akses internet cepat, Anda bisa memanfaatkan jaringan nirkabel secara gratis.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts