5 Versi Telur Dadar Populer Buat Sarapan, Mana Favoritmu?


Berikut ini jenis telur dadar yang umum dan populer di dunia sebagai menu sarapan.

1.Telur Dadar Polos

Telur dadar atau omelet ini hanya memakai telur segar saja dengan sedikit merica bubuk dan garam. Bisa disebut sebagai telur dadar minimalis. Biasanya dijadikan topping nasi goreng atau mie goreng dengan cara diiris tipis. Rasa gurih telur menjadi makin enak dengan tambahan garam dan merica.

Versi inipun ada yang suka sedikit gosong atau justru sedikit basah. Menu sarapan paling sederhana dan nikmat adalah nasi hangat dengan topping telur dadar dan kucuran kecap manis. Jika ada ditambah taburan bawang merah goreng.

Selain dengan minyak sayur biasa, telur dadar juga enak dimasak dengan margarin atau mentega. Meskipun pemakaian margarin dan mentega membuat telur dadar agak lembap, tidak garing. Tetapi rasa mentega dan margarin yang gurih membuat telur dadar makin enak. Aromanya juga makin harum.

2. Telur Dadar Campur

Telur dadar aduk merupakan perpaduan telur yang dikocok kemudian ditambahan beragam bahan. Sayuran, bumbu atau rempah. Karenanya telur dadar menjadi lebih padat dan rasanya lebih enak, nutrisinya juga makin kaya.

Omelet gaya Spanyol dan Italia paling terkenal dengan paduan kentang, paprika, daun bawang hingga bawang bombay. Biasanya sayuran dimasak hingga lunak baru kemudian diaduk dengan telur kocok dan bumbu.

Untuk membuat dadar isi caranya juga mudah. Pilih sayuran yang lunak seperti bayam. Rebus sebentar daun bayam lalu tiriskan dan iris halus. Untuk pilihan lainnya bisa memakai brokoli yang diparut halus, wortel yang diserut halus, biji jagung manis atau paprika. Agar rasanya lebih enak tambahkan cabe bubuk, merica bubuk, bawang bubuk dan bumbu kari jika suka.

Umumnya telur dadar isi setelah dimasak dalam wajan kemudian dipanggang sebentar dalam oven. Karena dadar isi biasanya tebal dan padat sehingga tidak bisa matang sempurna jika dimasak dalam wajan datar. Sebagai sentuhan akhir, tambahkan keju parut dan sajikan dengan saus cabe atau mayones botolan.

3. Telur Dadar Isi

Telur dadar ini dibuat seperti telur dadar biasa, saat setengah matang diisi dengan sayuran tumis, irisan sosis, daging asap, atau berbagai jenis keju. Selanjutnya dadar dilipat dua membentuk setengah lingkaran dan disajikan hangat.

Telur dadar Prancis seperti Florentine Omelette merupakan jenis telur dadar isi yang populer. Isiannya berupa bayam dan keju sehingga rasanya gurih. Sementara di Thailand dan Vietnam telur dadar diberi isian seafood seperti udang, daging kepiting dan tiram. Rasanya semakin gurih karena tambahan seafood.

Mirip dengan telur dadar campur, telur dadar isi cita rasanya juga lebih kaya. Hanya saja rasa isian dan rasa telurnya bisa dinikmati terpisah. Sementara di Korea dan Jepang telur dadar setelah diisi sayuran tidak dilipat dua melainkan digulung dan dipadatkan baru kemudian dipotong melintang.

4. Dadar Keriting

Telur dadar keriting dikenal di daerah Jawa Tengah dan Sumatera Barat. Sebenarnya hanya telur segar yang dikocok dengan merica dan garam. Hanya saja dimasak dengan cara digoreng dalam minyak banyak hingga telur terendam. Hasilnya bagian pinggir telur keriting dan kering sehingga rasanya gurih enak.

Di Jawa Tengah terlu dadar keriting ini biasanya dicampur dengan irisan daun bawang atau sambal terasi. Menjadi menu andalan banyak warung tegal atau warung nasi. Biasanya telur digoreng dengan minyak jelantah sehingga rasanya lebih gurih enak.

Di Sumatera Barat telur dadar keriting dikenal dengan nama talua barendo atau telur berenda. Dibuat dari telur bebek yang dicampur sedikit sambal. Karena itu selain tebal dan besar rasa telur dadar makin gurih renyah. Cukup disantap dengan nasi hangat.

5. Dadar Kembung

Telur dadar ini diberi isian kentang yang dihaluskan, irisan daun kunyit dan sambal. Kemudian digoreng dalam wajan cekung hingga kering dan matang. Telur ini banyak dijajakan di warung makan atau restoran Padang.

Aroma segar daun kunyit dan sambal menjadi ciri khasnya. Beberapa orang ada yang menambahkan dengan kelapa parut sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Karena telur dadar ini jadi gendut dengan tambahan isian, orang menyebutnya sebagai telur kembung.

Sebenarnya mudah dimasak sendiri, tetapi jika ingin prkatis cukup membeli di rumah makan Padang. Telur kembung ini makin enak disantap dengan siraman kuah gulai ditambah sambal lado mudo atau balado. Meski sederhana telur kembung bisa jadi menu sarapan yang sedap, cukup dengan nasi putih saja.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts