DESTINASI WISATA DI INDIA DENGAN PESONA ALAM YANG MEMUKAU

India merupakan negara yang memiliki keragaman geografis yang kaya, dengan lembah yang hijau, puncak gunung bersalju, danau dan padang rumput yang syahdu, serta pantai yang memukau. Selain kota yang ramai dan kuliner berbumbu yang khas, wisata alam di India menanti untuk kamu eksplorasi. Berikut adalah daftar sepuluh destinasi wisata di India yang indah dan harus kamu kunjungi.


1. Mengalahkan Dingin di Leh-Ladakh

Terletak di wilayah timur negara bagian Jammu dan Kashmir, Leh-Ladakh adalah pesona alam yang berada di ketinggian sekitar 2,300 hingga 5,000 mdpl. Keindahan daerah ini tak terbantahkan lagi, dengan gunung-gunung batu dan kuil Buddha yang juga memukau. Buat kamu yang hobi mendaki gunung, destinasi wisata terindah di India satu ini wajib kamu jajal. Apalagi, medannya tergolong menantang, plus iklim yang lumayan mencekam.
Namun begitu, Stupa Shanti, Danau Pangong, gurun-dingin tertinggi Nubra Valley, Khardung-La Mountain Pass, dan Magnetic Hill yang menakjubkan hanyalah sedikit dari sekian tempat di kawasan bak negeri dongeng ini. Dengan aliran air yang deras, puncak gunung yang diselimuti salju, jalur trekking yang bervariasi, dapat dipastikan kamu akan jatuh cinta dengan Leh-Ladakh!

Cara Menuju Lokasi: Terbang dari Delhi, Jammu, Srinagar, atau Chandigarh ke Leh; tiba di Bandara Kushok Bakula Rimpochee, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.


2. Berinteraksi dengan Alam di Himachal Pradesh

Himachal Pradesh adalah sebuah negara bagian yang kecil di India Utara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Traveller kerap datang ke wilayah ini untuk trekking dan ski. Pegunungan yang indah, resort mewah, biara-biara Tibet dan Buddha, danau dan sungai yang jernih – semuanya ada di Himachal Pradesh! Ada banyak tempat untuk dikunjungi di daerah ini seperti Shimla dan Manali, Kullu, Chamba dan Khajjiar, Solang Valley, Palampur, dan wilayah Dharamsala dan Dalhousie.
Ada juga daerah yang belum banyak dikunjungi turis seperti Distrik Lahaul dan Spiti. Ingin melakukan aktivitas arung jeram, paralayang, dan zorbing? Kamu bisa pergi ke Manali dan Solang Valley. Desa-desa kecil yang berada di lereng bukit, ditambah dengan senyum warga lokal yang hangat, akan menjadi kenangan tak terlupakan dari kunjunganmu ke Himachal Pradesh.

Cara Menuju Lokasi: Ambil penerbangan Air India dari Delhi atau Chandigarh ke salah satu dari tiga bandara di Himachal Pradesh, yaitu Bandara Kullu-Manali di Bhuntar, Bandara Dharamsala (atau juga disebut Bandara Kangra) di Gaggal, dan Bandara Shimla di Jubberhatti.


3. Mengagumi Ciptaan Tuhan di Kashmir

Tidak berlebihan rasanya jika Kashmir dikenal sebagai “Surga di Bumi”. Terletak di bagian paling utara India, setiap sudut daerah ini terkenal karena keindahan yang tiada duanya. Beberapa destinasi wisata terindah di India yang berada di Kashmir antara lain: Srinagar, Gulmarg, Pahalgam, dan Jammu. Jammu kerap dikunjungi oleh peziarah, terutama Kuil Vaishno Devi yang tidak hanya bernilai spiritual tetapi juga terkenal karena panorama alamnya. Amarnath adalah lokasi wisata religi lainnya yang terkenal di kalangan orang India, yang menawarkan pemandangan Mount Kailash yang menakjubkan.
Gulmarg di Kashmir adalah salah satu tujuan resor ski paling populer di India dan memiliki lapangan golf tertinggi di dunia. Yang membuat Kashmir semakin menarik untuk dikunjungi adalah letak geografisnya, yang membentang di antara Karakoram di utara, Pegunungan Pir Panjal di selatan dan barat, serta menempel dengan Pegunungan Zanskar yang terletak di timur. Saat berada di Kashmir, jangan lupa untuk naik perahu di Danau Dal di Srinagar yang biru, lalu menikmati pemandangan Pahalgam dan Sonmarg yang menawan hati.

Cara Menuju Lokasi: Terbang dari Delhi, Goa, Jammu, Leh Mumbai, atau Bangalore ke Bandara Srinagar, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.


4. Ziarah Sekaligus Refreshing di Uttarakhand

Uttarakhand merupakan provinsi kecil di bagian utara India yang masuk dalam kawasan Himalaya. Daerah ini lebih familier di kalangan orang India dengan nama Devbhumi karena menjadi rumah bagi sejumlah besar pura Hindu. Empat pura yang paling terkenal adalah Badrinath, Kedarnath, Yamunotri dan Gangotri. Selain tempat-tempat suci, negara ini terkenal dengan stasiun bukitnya yang megah, antara lain: Almora, Kausani, Mukteshwar, Mussoorie, Nainital, Pithoragarh, Ranikhet dan Auli. Uttarakhand juga merupakan rumah bagi dua Situs Warisan Dunia UNESCO: ‘Nanda Devi National Park’, yang menawarkan pemandangan puncak Nanda Devi yang diselubungi salju; dan ‘the Valley of Flowers National Park’, yang tersohor karena padang bunga yang terdiri dari berbagai bunga khas pegunungan. Untuk para pendaki gunung, ada sejumlah jalur pendakian di Uttarakhand yang bisa kamu coba taklukkan.
Auli, sebuah desa kecil, adalah tujuan ski yang penting di Uttarakhand, dengan bonus panorama puncak Himalaya yang mengagumkan. Lalu ada Nainital, stasiun bukit kecil yang terkenal dengan Danau Naini. Dehradun, ibu kota provinsi, sendirinya merupakan kota yang indah. Terakhir, Mussoorie, berjarak 34 km dari Dehradun, terletak di kaki bukit Himalaya dan dikenal sebagai “Queen of the Hills” karena keindahannya yang tak dapat dijelaskan dengan sekadar kata-kata.

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandara Jolly Grant di Dehradun. Pilihan lain, naik kereta dari kota-kota besar di India dengan 16 stasiun kedatangan di seantero Uttarakhand, misalnya: Haridwar, Dehradun, Kathgodam, Rudrapur, Tanakpur, dan Pantnagar.


5. Eksplorasi Alam yang Menakjubkan di India Timur Laut

India Timur Laut mencakup distrik Sikkim, Meghalaya, dan Assam, termasuk Benggala Barat. Kawasan ini menawarkan berbagai keindahan alam hingga layak menjadi salah satu destinasi wisata terindah di India. Yang paling utama, Darjeeling adalah tujuan wisata yang paling sering dikunjungi di Benggala Barat – tidak hanya semata karena hamparan kebun teh yang menenangkan, tetapi juga pemandangan matahari terbit di puncak Himalaya yang fantastis.
Beberapa tempat terindah di daerah ini antara lain: Gangtok, Pelling, Lachung dan Yumthang. Dari manapun kamu berada, kamu bisa melihat keindahan puncak Himalaya yang tertutup salju. Meghalaya adalah dataran tinggi dengan padang rumput hijau yang subur dan air terjun yang tinggi. Cherapunjee, yang terletak tidak jauh dari Shillong, ibu kota Meghalaya, adalah tempat menakjubkan lainnya dengan gua, hutan, dan air terjun. Jangan sampai kamu kelewatan untuk berkendara menembus kabut di Cherapunjee. Terakhir, Assam memiliki banyak atraksi wisata dan juga suaka margasatwa. Liburan yang sempurna!

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke bandara terbesar, yaitu Bandara Internasional Lokpriya Gopinath Bordoloi di Guwahati. Pilihan lain, naik kereta ke Stasiun Naharlagun yang terletak di antara Guwahati dan Delhi.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts