Rekomendasi Destinasi Wisata Nusa Tenggara Timur Selain Labuan Bajo


Labuan Bajo selama ini memang dikenal sebagai ikon pariwisata di Nusa Tenggara Timur. Deretan pantai nan menawan serta adanya Pulau Komodo dan pulau-pulau pilihannya seringkali jadi pilihan para wisatawan lokal dan internasional.

Selain Labuan Bajo yang sudah sangat populer, sebenarnya masih banyak destinasi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang tidak kalah menarik untuk didatangi. Penasaran? Berikut rekomendasi destinasi objek wisata di Nusa Tenggara Timur yang bisa jadi alternatif liburanmu selain ke Labuan Bajo!


1. Taman Nasional Kelimutu

Wisata Taman Nasional Kelimutu ini cukup terkenal tidak hanya di kalangan wisata lokal namun juga internasional. Yang paling menarik di objek wisata NTT satu ini tentu saja keberadaan danau tiga warnanya yang amat cantik dilihat ketika matahari terbit. Komposisi warna yang sangat unik ini tentu merupakan salah satu fenomena alam luar biasa yang cuma bisa kamu temukan di Gunung Kelimutu.
Meskipun begitu, sebenarnya Taman Nasional Kelimutu tidak hanya menawarkan itu saja. Dari kaki gunungnya saja kamu sudah bisa menikmati indahnya bentang alam nan asri yang terpampang luas dan alami. 
Di rerimbunan hutan di kawasan wisata NTT ini hidup berbagai spesies flora dan fauna. Sekitar 4,5 hektar kawasan di objek wisata NTT ini digunakan sebagai konservasi flora dan fauna tersebut. 


2. Wae Rebo

Selain keindahan alamnya, Nusa Tenggara Timur juga terkenal akan adat serta budayanya. Banyak sekali desa adat yang masih bertahan di NTT dan layak untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah desa adat Wae Rebo yang sering kali disebut negeri di atas awan. 
Untuk mencapai objek wisata di Nusa Tenggara Timur yang tengah banyak mendapatkan perhatian dunia ini, kamu harus mendaki gunung denghan jarak kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Uniknya, sesampainya di Wae Rebo kamu bisa menginap di rumah para penduduk desa dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat adat yang menghuni desa ini.
Di objek wisata NTT ini kamu bisa mendapatkan pengalaman menjalani kehidupan tradisional yang jauh dari modernisasi dan teknologi termasuk mencoba menumbuk padi dan kopi serta belajar membuat tenun khas Wae Rebo. 
Selain Wae Rebo, wisata budaya desa adat lainnya yang bisa jadi alternatif tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur, antara lain:


3. Air Terjun Cunca Wulang

Seperti halnya mencari harta karun, untuk bisa menemukan Air Terjun Cunca Wulang kamu perlu melalui medan perjalanan yang cukup menantang dan tersembunyi. Kawasan di tempat wisata NTT satu ini kerap disamakan dengan Grand Canyon di Amerika sana, namun lengkap dengan air terjun ini memiliki air yang amat jernih dan segar. 
Warna air yang mengalir di kawasan wisata Nusa Tenggara Timur ini tampil segar kebiru-hijauan, membuat refleksi sinar matahari yang menembus ke dalamnya terlihat sangat cantik. 
Di bawah air terjun terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berendam atau berenang. Banyak turis yang sering menjadikan batu-batu kapur besar di atasnya menjadi titik lompat masuk ke dalam air.
Lokasi: Pota Wangka, Boleng, Manggarai Barat
Selain Air Terjuna Cuanca Wulang, berikut pilihan destinasi wisata air terjun di NTT lain yang bisa jadi alternatif liburanmu:


4. Sawah Lingko

Sawah Lingko yang berlokasi di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, ini bukan hanya  sekadar sawah. Objek wisata di Nusa Tenggara Timur ini memiliki nilai budaya yang sangat tinggi bagi masyarakat lokal Manggarai. Faktanya, lahan pertanian Sawah Lingko dibagi menurut adat istiadat yang dipercaya oleh masyarakat setempat.
Pembagiannya kalau dilihat dari jauh akan membentuk layaknya jaring laba-laba. Pastinya foto dari ketinggian dengan objek wisata NTT ini sebagai latar belakang takkan gagal hadirkan foto yang instagramable.
Dengan luas 100 hektar, untuk bisa mendapatkan pemandangan terbaik, kamu perlu menempuh perjalanan yang mudah. Namun, sesampainya di puncak tentu rasa lelah tersebut terbayarkan lunas dengan panorama alam yang tiada tandingnya di NTT.


5. Pantai Koka

Destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur yang satu ini juga terbilang cukup tersembunyi karena berada 35 kilometer dari pusat kota Maumere, tepatnya di Wolowiro, Sikka. Karena masih tersembunyi, Pantai Koka juga masih jarang pengunjung. 
Setelah berhasil menjangkau destinasi tempat wisata di NTT ini, kamu akan ditawarkan cantiknya pasir putih yang masih sangat bersih begitu pula air lautnya yang kebiruan. 
Tidak hanya pantai, di kawasan wisata di NTT ini kamu juga bisa menikmati pesona keindahan wisata lainnya yaitu Goa Lia Wioyang bertempat di Bukit Rodja. Akan tetapi, goa yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter ini hanya bisa dikunjungi saat air surut saja. 
Selain Pantai Koka, ada banyak destinasi wisata pantai lainnya di NTT yang bisa kamu kunjungi, antara lain:
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts