Tempat Wisata di Singapura yang Unik dan Wajib Anda kunjungi

 

Singapura telah lama menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat Indonesia. Ini karena biaya perjalanan ke Singapura tidak terlalu mahal. Wisatawan Indonesia memang hobi mengunjungi tempat wisata di Singapura yang unik. Berfoto selfie dengan latar patung Merlion dan gedung Esplanade tentu memberikan pengalaman yang mengesankan tersendiri.

Oleh karenanya artikel ini akan mengulas berbagai tempat wisata di Singapura yang unik dan beda untuk bisa Anda kunjungi. Tempat wisata ini bisa saja berupa wisata buatan, alam, sejarah, budaya, religi, hingga kuliner. Negeri Singapura memang kecil, namun memiliki tempat wisata yang cukup banyak, unik, dan menarik. Yuk, kita langsung simak saja keunikan dan keseruannya masing-masing.


1.Little India

Little India adalah perkampungan warga India di Singapura yang masih mempertahankan identitas khasnya. Lokasi tempat wisata ini berada tak jauh dari Orchard Road di 48 Serangoon Rd, Singapore. 

Untuk menuju ke Litte India, Anda tinggal naik MRT jalur ungu atau biru. Lalu turun di Little India Station (NE7/BT4), atau di Farrer Park Station (NE8). Di tempat wisata ini Anda akan merasakan pengalaman khas India dengan menemukan suasana hiruk pikuk kegiatan sehari-hari.

Anda bisa mendapati sejumlah pasar tradisional, gang sempit, penjual kachang puteh dan karangan bunga melati. Di tempat wisata ini terdapat banyak kios khas India yang menjual hasil kerajinan, dupa, emas, dan kain. Aroma rempah dan bunga pun menyengat di antara warna-warni khas India. Menarik bukan?

Silakan mencicipi makanan khas India di restoran modern dan jajanan India seperti thosai dan roti prata. Jika Anda beruntung, Anda berkesempatan menyaksikan festival meriah yang sering diadakan di tempat wisata ini. Anda bisa datang ke Little India saat toko buka mulai jam 09.00 - 23.00 agar bisa berbelanja.


2.Art Science Museum

Museum dengan bangunan unik ini bisa Anda jumpai di area Promenade utara, di luar The Shoppes Mall di Marina Bay Sands. Lokasi tempat wisata ini tepatnya di 6 Bayfront Ave, Singapore. 

Anda bisa mencapai tempat wisata ini naik kereta MRT, turun di stasiun MRT Promenade dan stasiun MRT Marina Bay. Lalu tinggal jalan kaki dari The Shoppes di Marina Bay Sands dan di Helix Bridge. 

Bangunan museum berbentuk bunga teratai ini khusus menampung air hujan untuk disaring menjadi sumber air bersih. Tempat wisata museum yang berdiri di tanah seluas 6000 meter persegi ini memiliki 21 galeri dari berbagai negara dan 3 ruang pameran tetap.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata museum ini dan melihat berbagai pameran, acara pertunjukan, dan aktivitas edukasi yang banyak digelar. Pameran yang pernah digelar antara lain bertema Harry Potter, Dinousaurs, Dreamworks Animation. 

Tiket masuk ke tempat wisata ini untuk dewasa S$30, warga senior (65 tahun ke atas) S$27, dan anak-anak (2 – 12 tahun) S $17. Jam buka mulai pukul 10.00 - 20.00. 


3.Singapore Flyer

Singapore flyer berlokasi di 43 Siloso Beach Walk, #01-01 Sentosa Island, Singapore. Lokasi ini merupakan tempat wisata roda putar terbesar di dunia setelah Amerika. Di sini Anda bisa menyaksikan pemandangan Marina Bay, Changi, dan sekitar Singapore hingga pulau Batam. 

Lokasi tempat wisata ini bisa dicapai dengan naik MRT turun di Station Promenade (Circle Line, CC4) keluar Exit A. Dari sini Anda tinggal jalan menuju lokasi flyer. Dengan menggunakan Flyer ini, Anda seolah berada dalam kapsul yang berputar mengikuti roda raksasa. 

Flyer terdiri dari 28 kapsul berdimensi 4 m x 7 m serta mampu memuat penumpang hingga 28 orang. Sekali rotasi memerlukan waktu 30 menit. Waktu operasi tempat wisata ini mulai dari pukul 08.30 - 10.30 setiap harinya. 

Untuk paket Singapore Flight Dewasa tiket sebesar S$33, dan anak-anak S$21. Harga ini sudah termasuk mengunjungi tempat wisata Gallery Journey of Dreams. Sedangkan paket Singapore Sling Flight Dewasa S$69, dan anak-anak S$31.


4.Jurong Bird Park

Siapa belum pernah mendengar Jurong Bird Park yang populer ini? Jurong Bird Park merupakan taman burung terbesar seluas 20 hektar berlokasi di 2 Jurong Hill, Singapore. Tempat wisata ini memiliki koleksi sekitar 800 jenis burung dari seluruh dunia dan konservasi burung langka dunia. 

Stasiun MRT terdekat adalah Boon Lay (line hijau). Ambil exit ke arah Boon Lay Bus Interchange dan naiklah bus nomer 194. Jarak dari Boon Lay Bus Interchange dan Jurong Bird Park hanya 1 stasiun saja.

Ada 2 jenis pertunjukan burung di Jurong Bird Park yaitu Kings of the Skies Show dan High Flyers Show. High Flyers Show bisa dikatakan lebih menarik, burungnya lebih lucu. Anda bisa menyaksikan parrot bernyanyi 3 macam bahasa Mandarin, Indonesia, dan Inggris. Bila Anda lelah berjalan kaki, ada Monorail untuk mengamati burung ini.

Jam buka tempat wisata ini setiap hari mulai dari jam 08.30 sampai jam 18.00. Harga Tiket masuk termasuk Free Tram Ride adalah S$29 untuk dewasa dan S$19 untuk anak-anak. 


5.Vivo City

VivoCity adalah mal terbesar di Singapura, yang berlokasi di 1 HarbourFront Walk, Singapore, yang terletak di dekat Singapore Cruise Center. Untuk mencapai tempat wisata belanja ini Anda bisa naik MRT North-East Line (Jalur Ungu) dan turun di HarbourFront MRT Station.

Stasiun MRT HarbourFront berada di lantai bawah tanah. Mal ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. Dari mal ini Anda juga bisa menuju Pulau Sentosa dari stasiun Sentosa Express monorel lantai 3. 

Jam buka mal dari pukul 10.00 - 22.00 setiap hari. Tiket masuk gratis karena ini berupa mal buat Anda bisa hang out dan berbelanja, ataupun sekadar jalan-jalan.


6.Chinese and Japanese Gardens

Chinese and Japanese gardens yang beralamat di 1 Chinese Garden Rd, Singapore ini adalah tempat wisata yang terletak di atas dua buah pulau di danau Jurong yang indah. 

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa naik MRT jalur hijau (East West Line) dan turun di stasiun Chinese Garden. Dari depan stasiun sudah ada jalur yang menuju ke gerbang Chinese Garden ini. Taman ini bisa dicapai dari jembatan penyeberangan dan disatukan oleh jembatan yang disebut Bridge of Double Beauty. 

Taman Jepang mewakili tema tradisional desain kebun Jepang. Taman Cina mewakili gaya taman kerajaan yang menggabungkan bangunan berwarna mencolok dengan lingkungannya. 

Anda bisa mengunjungi kedua tempat wisata tersebut dan menikmati keindahan budaya kedua tempat ini. Jam buka mulai pukul 06.00 - 23.00 waktu setempat. Tiket masuk bebas kecuali masuk ke Garden of Abundance, akan dikenai S$2 untuk dewasa dan S$1 bagi anak-anak.


7.Singapore Night Safari

Tempat wisata ini berlokasi di 80 Mandai Lake Road, Singapore.

Cara mencapai lokasi ini, Anda bisa naik MRT ke stasiun Ang Mo Kio (NS16), dilanjutkan naik bus SBS 138.

Di tempat wisata malam ini, Anda bisa naik tram dan berpetualang di kehidupan liar taman safari malam. Petualanan  yang akan membawa Anda dari bukit Himalaya menuju Benua Afrika yang liar. inilah kesempatan bagi Anda untuk bisa lebih dekat dengan hewan liar seperti singa, macan, tapir, dan lain-lain!

Anda pasti akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan seumur hidup, saat mengikuti perjalanan selama 40 menit ini di sekeliling taman dan melihat lebih dari 1000 hewan di delapan area geografis. Tiket masuk dewasa S$32, Anak-anak S$21 dan buka setiap hari mulai pukul 19.30 - 24.oo waktu setempat. 


8.St. Andrew’s Cathedral: Bangunan Bersejarah Umat Kristiani

Gereja St. Andrew's Cathedral berlokasi di 11 St Andrew's Road, Singapore ini memiliki daya tarik sendiri sebagai tempat wisata religi. Lokasi gereja katedral ini tidak jauh dari City Hall MRT Station. Jadi tidak sulit bagi Anda untuk mencapai lokasinya.

Sangat disarankan bagi Anda yang tertarik untuk melihat tempat wisata bangunan kuno di Singapura, mengunjungi gereja St. Andrew’s Cathedral ini. Gereja ini merupakan gereja pertama dan terbesar di Singapura dibuka sejak tanggal 1 Oktober 1861

Sejak tahun 1973 gereja ini menjadi salah satu monumen nasional Singapura.Jadi apabila Anda sedang berada kawasan tempat wisata ini, jangan lewatkan puncak menara St Andrew's Cathedral yang megah ini.

Anda bisa berjalan-jalan seputar gereja ini dan bisa masuk ke dalam, tanpa perlu membayar. Kunjungi tempat wisata berupa katedral ini selama jam operasional yaitu hari Senin sampai Sabtu, 09.00 - 17.00. Tur dengan pemandu gratis tersedia, namun dengan pemberitahuan sebelumnya.


9.Sentosa Island

Sentosa Island ini adalah tempat wisata pulau yang berbeda dari Pulau Singapura. Di sini banyak terdapat sarana hiburan antara lain pantai, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, restoran, lapangan golf, kasino, dan sebagai pusat kuliner. 

Akses menuju tempat wisata Sentosa Island ini dapat melalui kereta gantung (Sentosa Skyride) dengan membayar kurang lebih 300 ribu rupiah. Anda bisa menikmati pemandangan kota Singapura dari kereta gantung ini. 

Anda juga bisa mencapai Sentosa Island ini dengan lebih mudah menaiki monorail Sentosa Express lalu dilanjutkan dengan naik bus. Namun Anda tidak dapat menikmati momen menikmati pemandangan Singapura dari atas kereta gantung yang menakjubkan ini.

Waktu bukanya tergantung pada atraksi yang beragam, demikian juga dengan tiket masuknya tergantung sarana transportasi yang Anda gunakan untuk menuju ke sana. Salah satu hiburan terkenal di pulau ini ada Universal Studio, sebuah taman hiburan tempat Anda bisa merasakan suasana Hollywood Boulevard tahun 1970-an. Waktu buka hari Senin - Minggu pukul 10.00 - 21.00 (Senin-Minggu). Harga tiket masuk S$74 (dewasa), S$54 (anak-anak). 

Setelah lelah bermain di Universal Studios Singapore, anda bisa mengunjungi Beach View Sentosa, untuk menyaksikan Wings of Time. Sebuah pertunjukan efek spesial air mancur, sinar laser, dan kembang api yang spektakuler.

Pertunjukan ini berlangsung selama 20 menit pada hari Senin - Minggu, pukul 19.40 dan 20.40 dan harga tiket masuk S$18. 


10.Singapore Zoo

Tempat wisata Singapore Zoo merupakan salah satu pilihan terbaik untuk berlibur terutama bagi anak-anak. Anak-anak akan terhibur dengan jumlah binatang langka yang sangat banyak di kebun binatang ini. Lokasi Singapore Zoo ini ada di kawasan Mandai Lake, 80 Mandai Lake Rd, Singapura.

Singapore Zoo merupakan kebun binatang seluas sekitar 30 hektar. Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam hewan yang dipelihara, dari binatang yang mudah ditemui di Asia, Afrika, hingga binatang kutub.

Beberapa pertunjukan di Singapore Zoo antara lain makan pagi bersama Orangutan (Breakfast With an Orangutan), Rainforest Fights Back, Safari Splash, serta pertunjukan Animal Friends.

Anda jangan melewatkan untuk mengunjungi kebun binatang ini, karena banyak koleksi satwa serta pertunjukannya. Kebun binatang ini buka setiap hari dari jam 8.30-18.00. Harga tiket masuknya untuk dewasa $20 dan anak-anak $3 (3-12 tahun).

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts