MAKANAN KHAS JAWA TENGAH ENAK POPULER JADI INCARAN WISATAWAN


ONEBETQQ KULINER - Jawa Tengah memang dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang memiliki berbagai makanan khas yang cukup menggoda untuk dicicipi. Makanan khas Jawa Tengah ini juga sangat populer dikalangan wisatawan karena memiliki rasa yang sangat lezat dan enak.

Tahu Petis

Tahu petis merupakan salah satu jenis makanan dari olahan tahu yang sering dijadikan cemilan dan juga sering dijadikan sebagai lauk. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tahu petis khas Jawa Tengah ialah tahu dan saus hitam atau dikenal dengan petis. Tahukah anda, jika petis ini biasanya terbuat dari udang yang dimasak secara terus menerus hingga menjadi kental ataupun dari kuah rebusan ikan..Agen Domino 99 Terpercaya
Tempe Mendoan

Pada dasarnya tempe mendoan ini hampir sama dengan tempe goreng lainnya yang dibaluri dengan tepung. Hanya saja yang membut beda antara tempe mendoan dengan tempe biasanya ialah terletak pada namanya yakni mendoan.

Mendoan merupakan sebuah makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak panas yang cukup banyak dan juga cepat sehingga membuat tempenya tidak telalu matang. Meskipun dalam proses pengorengannya tempe ini tidak terlalu matang, namun anda tidak perlu khawatir terkait rasanya.

Karena tempe mendoan ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan enak, sehingga tidak heran jika makanan yang satu ini cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan salah satu jenis makanan yang sering disebut dengan nasi uduk karena cara penyajiannya menggunakan daun pisang. Nasi gandul ini juga mempunyai rasa yang sangat gurih dan enak untuk disantap bersama saat sarapan.

Untuk pembuatan nasi gandul ini juga ditambahkan daun pandan sehingga membuat aroma nasi ini menjadi lebih kuat dan sangat menggungah selera. Biasanya nasi gandul ini disajikan dengan tambahan lauk yang berupa daging sapi yang sudah diolah dengan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Dawet Ireng

Dawet ireng ini tidak sama dengan dawet biasanya yang mempunyai warna hijau. Melainkan dawet ireng ini memiliki warna yang hitam pekat. Warna hitam ini diperoleh dari bahan alami yakni dari abu jerami. Meskipun dalam pembuatan dawet ireng ini menggunakan abu jerami, namun anda tidak perlu khawatir terkait rasanya.

Karena dawet ireng ini sudah terbukti mampu memberikan rasa yang sangat enak dan pada saat disantap dapat memberikan sensasi yang sangat menyegarkan. Dalam pembuatan dawet ireng ini juga menggunakan gula jawa asli sehingga dapat membuat rasanya semakin lezat.

Brekecek

Brekecek merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan apabila berkunjung ke Jawa Tengah. Brekecek terbuat dari bahan dasar ikan pathak ataupun ikan jahan. Selain itu, ada juga yang membuat brekecek dari kepala ikan laut yang bernama menthok maupun basur.

Brekecek ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yakni brek yang artinya diletakkan ataupun dijatuhkan dan kecek yang artinya dicampurkan ataupun dicekek dengan menggunakan bumbu. Perlu anda ketahui, jika brekecek khas Jawa Barat ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Karena brekecek yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan jika dicicipi dapat membuat anda ketagihan.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts