WISATA RELIGI BANTEN YANG JARANG DIKETAHUI ORANG


ONEBETQQ WISATA - Jika anda seorang penikmat wisata religi yang gemar menjelajah, Banten bisa menjadi salah satu tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata anda selanjutnya. Tak hanya panorama alamnya yang indah dan budayanya saja yang kaya, Banten juga memiliki beberapa spot wisata religi yang bagus namun masih jarang diketahui orang-orang.Agen Domino 99 Terpercaya

Spot-spot ini berpotensi semakin berkembang dan terkenal setiap waktunya. Kira-kira apa dan dimana saja sih wisata religi banten? Simak daftar-daftarnya berikut ini.

Batu Qur’an

Terletak di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di kaki Gunung Karang, Batu Qur’an merupakan salah satu destinasi wisata religi di Banten. Batu Qur’an merupakan sebuah tempat ziarah yang memiliki sejarah yang unik. Penamaan Batu Qur’an ini berasal dari adanya batu besar yang bertuliskan Al-Qur’an di tempat tersebut.

Jika diperhatikan dengan seksama, tak ada tulisan yang terpangpang di sisi batu. Masyarakat mempercayai bahwa hanya orang-orang yang memiliki ilmu yang tinggilah yang bisa melihat tulisan Al-Qur’an di batu tersebut. Uniknya, cerita yang berkembang di masyarakat adalah batu ini menghalangi keluarnya air yang terus mengalir dari dalam tanah.

Tak hanya itu, masyarakat juga meyakini bahwa lokasi batu ini dulunya adalah pijakan kaki seorang Syekh kenamaan bernama Syekh Maulana Mansyuruddin yang hendak pergi berhaji ke Baitullah, Mekkah. Hanya dengan menginjakkan kaki di lokasi tersebut, konon katanya Syekh Maulana bisa langsung sampai ke Mekkah.

Daya tarik lokasi ini bukan hanya terletak pada batunya, namun juga kejernihan air yang mengalir di sekitarnya. Air ini biasanya dipakai pengunjung untuk sekedar berendam ataupun mandi.

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Pergi ke Batu Qur’an tidak lengkap rasanya tanpa ziarah ke makam Syekh Maulana Mansyuruddin. Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat tempat ini masih terasa begitu eksklusif. Meskipun dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa Syekh Maulana berasal dari Jawa Timur, namun beliau sendiri merupakan sosok yang sangat berjasa dalam penyebaran ajaran agama Islam di Banten Selatan.

Beliau percaya Islam berkembang secara pesat berkat dakwah dengan pembawaan cerdas dan berani dari beliau. Tak banyak yang tahu tempat bersejarah satu ini. Namun demikian, anda bisa mengunjunginya bersama keluarga ataupun rombongan.

Makam Syekh Abdul Jabbar

Destinasi wisata religi selanjutnya ada di makam Syekh Abdul Jabbar. Lokasinya terletak di kawasan Kampung Pasir Kecapi, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Banten. Jika menelisik ke belakang, Syekh Abdul Jabbar adalah salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah.

Jika berziarah ke makam ini, hal yang perlu diperhatikan ialah area di makam hanya mampu menampung kurang lebih sekitar 20 orang di setiap kunjungan. Oleh karena itu, jika anda pergi berziarah bersama rombongan yang cukup banyak dihimbau untuk tetap tertib dan kondusif.

Makam Buya Hushtomi

Makam Buya Hushtomi terletak di daerah Cisantri. Ahmad Histomi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Histomi adalah orang yang terkenal menghabiskan hidupnya untuk agama Islam. Beliau mendirikan pondok pesantren bernama Al-Hidayah. Santri-santri beliau tersebar di seluruh penjuru negeri.

Setiap tahun banyak pihak yang terlibat dalam peringatan haulnya. Acara haul selalu ramai dan sering dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti anggota DPR. Ini menandakan bahwa banyak masyarakat luas yang ingin mengenal sosoknya, ingin berziarah dan juga yang terpenting selalu turut serta berpartisipasi dalam mengenang Buya Hushtomi.

Makam Syekh Muhammad Sholeh

Semasa hidupnya, Syekh Muhammad Sholeh dikenal sebagai ulama yang berhasil menyebarkan agama Islam di wilayah pantai utara Banten. Beliau wafat di usia 76 tahun dan dimakamkan di puncak Gunung Santri. Makamnya berlokasi di Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Serang, banten.

Jika anda ingin berwisata atau berziarah ke makam Syekh Muhammad Sholeh, anda harus naik dari kaki bukit menuju puncaknya dengan jarak tempuh sekitar 500 meter saja. Sangat dekat, bukan? Selain itu, anda bisa melihat keindahan alam di sekitarnya. Udara segar akan langsung terasa karena banyaknya pepohonan besar di sekitar lokasi.

Masjid Agung Tanara

Beberapa masjid di Banten memiliki cerita sejarah yang menarik untuk diketahui. Salah satu masjid bersejarah tersebut adalah Masjid Agung Tanara. Masjid ini bisa menjadi alternatif wisata religi anda. Lokasinya terletak di Kampung Tanara, Serang, Banten.

Masjid ini merupakan peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin yang ketika itu menjadi Raja Banten yang pertama. Selain itu, jejak dakwah Islam di Banten juga berawal di masjid ini. Desainnya yang unik dan klasik mampu menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun luar kota.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts