tempat sarapan di Jogja yang patut jadi alasan bangun pagi


ONBETQQKULIER Wisata di Jogja tidak akan habis dijelajahi hingga anda merasa satu hari saja tak akan cukup. Mulai dari wisata alam seperti deretan pantai di Gunung Kidul hingga lereng Merapi, atau wisata budaya dengan Keraton Yogyakarta dan puluhan candi Hindhu-Budha. Wisata belanja di Malioboro dan Dagadu, wisata seni dengan batik dan kulit, atau wisata kuliner dengan gudeg dan bakpianya, semua patut dicicipi. Agar puas jalan-jalan mengunjungi berbagai tempat tersebut, tentunya anda harus mempersiapkan waktu seharian penuh dari pagi hingga petang hari.Agen Domino 99 Terpercaya

Maka, bila anda berencana untuk berwisata di Jogja seharian penuh, sarapan menjadi sangat penting untuk bahan bakar tubuh anda. Selain untuk daya tahan, ternyata sarapan juga mempengaruhi mood anda seharian lho. Jangan sampai mood anda berantakan gara-gara sarapan anda tidak enak. Karenanya, anda tak boleh kelewatan mencicipi berbagai tempat sarapan di Jogja yang paling enak.

Meskipun Jogja terkenal dengan kuliner malamnya yang tidak pernah tidur, tapi kuliner paginya Jogja untuk sarapan tidak kalah lezatanya. Selain harganya yang relatif murah, ada banyak variasi menu sarapan yang tersedia di kota ini. Berikut 8 tempat sarapan di Jogja yang kami rekomendasikan untuk anda coba.

Tempat sarapan di Jogja yang patut diburu pagi-pagi
Gudeg Yu Djum

Selayaknya, semua orang Jogja sudah mengenal nama gudeg yang satu ini. Gudeg Yu Djum adalah salah satu warung tertua yang menyediakan makanan tradisional khas Jogja yakni gudeg. Warung ini ada sejak Indonesia belum merdeka yakni tahun 1942. Sejak awal didirikan, Yu Djum mulai usaha ini dari warung gerobakan kecil dan bisa bertahan sampai sekarang,

Bagi anda yang belum mengenal gudeg, pasti akan senang ketika mencobanya terlebih bagi anda yang gemar makanan dengan cita rasa manis gurih. Gudeg merupakan hasil olahan gori (nangka muda), tempe, krecek, dan telur serta daging ayam. Biasanya gudeg disajikan dengan nasi sehingga cocok sekali untuk dijadikan menu pagi anda.

Yang membedakan gudeg Yu Djum dengan gudeg lainnya adalah rasa dari gori yang diolah sangat khas, perpaduan antara manis dan gurih serta kualitas gori yang tidak mudah hancur dan mampu bertahan keawetannya hingga 24 jam. Krecek dari Gudeg Yu Djum juga digemari oleh pelanggannya karena memiliki rasa pedas yang pas.

Gudeg ini juga biasa dijadikan untuk oleh-oleh, tersedia dalam paket besek dan kendhil jika membeli dalam partai besar. Gudeg Yu Djum sendiri memiliki berbagai outlet warung yang tersebar di Jogja, seperti di daerah Mbarek, Wijilan, Maguwoharjo dan tersedia juga di TransMart Jogja.

Setidaknya ada 9 outlet yang bisa anda kunjungi, dan semuanya memiliki cita rasa yang sama karena dibuat pada satu dapur besar yang terletak di Gudeg Yu Djum Pusat Mbarek. Semua outlet Yu Djum buka dari pukul 07.00 sedangkan khusus untuk Gudeg Yu Djum Pusat buka dari pukul 05.00.

Harga dari satu porsi gudeg ini tergolong murah, satu gudeg biasa diharga IDR9.000/porsi, bila menggunakan lauk telur IDR13.000/porsi, ayam suwir IDR20.000/porsi. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk mencari kuliner khas Jogja yang murah, enak, dan tersedia di pagi hari.

Saoto Bathok Mbah Karto

Soto atau saoto (sebutan soto untuk orang Solo) merupakan makanan yang sangat lumrah untuk dijadikan menu sarapan sehari-hari. Soto sangat digemari karena memiliki rasa yang segar dan gurih ketika kita menyantapnya. Tiap daerah memiliki ciri khas soto yang berbeda-beda, begitu juga dengan daerah Sambisari, Kalasan. Apabila anda terbiasa menyantap soto dengan mangkok, di Soto Bathok Mbah Katro soto disajikan dalam bathok atau kulit kelapa yang sudah dibersihkan sebagai pengganti mangkok.

Porsi dalam satu bathok ini tergolong porsi kecil sehingga pas apabila anda tidak begitu suka dengan sarapan yang terlalu kenyang. Selain soto sapi, tentunya tempat sarapan di Jogja satu ini juga menyediakan lauk-pauk untuk melengkapi sarapan anda seperti gorengan tempe tahu dan aneka sate seperti sate telur puyuh dan sate usus.

Kelezatan soto racikan Mbah Katro ini semakin terasa karena warung ini di desain dengan saung-saung dari bambu dan terletak tepat di samping sawah. Anda juga bisa menikmati soto sambil lesehan di tikar yang tersedia. Kesan tradisional yang sangat kental menjadi daya tarik dari Soto Bathok Mbah Katro ini. Selain itu, di tempat ini juga disediakan berbagai mainan anak-anak seperit jungkat-jungkit dan ayunan, sehingga anak-anak bisa bermain ketika anda menikmati soto anda.

Soto Bathok Mbah Katro ini sangat direkomendasikan untuk anda coba. Meskipun jarak dari pusat kota cukup jauh, tetapi rasanya sangat enak dan cocok untuk dijadikan menu sarapan anda. Selain itu harganya pun tergolong murah, anda cukup merogoh IDR5.000 per bathok soto. Sedangkan untuk gorengan hanya IDR500 per biji. Cukup murah untuk menikmati semangkok soto sapi segar dengan suasana pedesaan.

Warung Kopi Klothok Pakem

Di tempat sarapan di Jogja ini, anda bisa nyemil pisang goreng sambil menyeduh kopi panas pagi-pagi. Warung yang belum lama berdiri ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dari pagi hari hingga petang menjelang. Sensasi sarapan di tengah sawah dengan pemandangan Gunung Merapi adalah ‘menu’ lain yang membuat orang ramai berkunjung di tempat ini.

Berlokasi di Kaliurang, dengan suasana sejuk khas lereng gunung Warung Kopi Klothok selalu siap memanjakan lidah anda dengan berbagai menu makanan rumahan. Tempat sarapan di Jogja yang sangat terkenal ini menyediakan nasi megono, yakni nasi yang dicampur dengan parutan kelapa dan nangka dan teri kemudian dilengkapi dengan berbagai sayuran seperti sayur lodeh dan sayur asem. Dan semua menu anda ambil secara prasmanan, sehingga anda bisa menentukan porsi anda sendiri.

Lauk andalan dari tempat ini adalah telor krispi, yakni telor yang digoreng dengan minyak yang banyak sehingga telornya lebar, gurih dan kriuk-kriuk. Selain itu, terdapat menu ayam goreng, tempe bacem, tahu goreng dan kerupuk sehingga anda berasa sedang sarapan di rumah nenek anda walau nenek anda memiliki rumah modern di perkotaan.

Sesuai namanya, kopi klothok juga menjadi andalan dari warung ini. Kopi Klothok merupakan kopi yang disajikan secara tradisional dan rasa pahit yang ditimbulkan lebih kuat dari kopi biasanya. Kopi ini biasa dinikmati oleh pengunjung, bersandingan dengan pisang goreng yang hangat.

Warung kopi klothok menyajikan pemandangan tradisional yang sangat kental, interior dari warung ini di desain seperti rumah di pedesaan. Dapurnya pun menggunakan konsep open kitchen sehingga anda bisa melihat proses pembuatan sayur dan aneka lauk pauk yang tersedia di warung ini. Selain itu, bagian outdoor juga tidak kalah seru karena warung kopi klothok ini berlokasi di tengah persawahan dan pemandangan Gunung Merapi dapat terlihat jelas ketika awan sedang bersih.

Untuk harganya tergolong murah, dibandingkan dengan fasilitas yang disediakan di tempat ini nasi sayur sepuasnya dibanderol IDR11.500 sedangkan untuk lauknya bervariasi dari IDR1.000-IDR7.000. Karena tempat sarapan di Jogja satu ini sangat terkenal, lebih baik anda datang ke tempat ini diluar jam makan siang sehingga suasana santai khas pedesaan dapat anda nikmati dengan nasi lodeh dan telor krispi tentunya.

Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos Handayani sudah tidak asing bagi warga Jogja yang gemar berburu kuliner pagi. Selain rasanya yang enak, warung ini terbukti awet bertahan dari tahun 1975 hingga sekarang tidak pernah sepi dari pengunjung. Menu utama dari warung ini adalah brongkos.

Brongkos agak mirip dengan rawon, tetapi untuk kuah menggunakan santan sehingga kuahnya terasa lebih kental kecoklatan dan diberi koyor atau tetelan sapi. Tetelan sapi di Warung Handayani dipotong tebal sehingga masih banyak daging yang menempel di tetelan sapi tersebut.

Anda juga bisa memesan brongkos tahu untuk pengganti daging koyor apabila anda tidak begitu suka dengan koyor, atau memesan brongkos campur yang berisi telor bebek dan tahu tempe. Di tempat ini juga disediakan menu utama lain seperti nasi rames dan nasi pecel untuk alternatif pilihan pengunjung. Warung ini menyediakan sberbagai macam jenis lauk lainnya seperti telor asin, tempe keripik, tempe tahu bacem, tempe koro dan perkedel. Selain itu olahan ayam juga tersedia juga disini seperti ayam goreng dan ayam bacem, cukup lengkap bukan.

Warung Brongkos Bu Handayani terletak di kawasanAalun-alun Kidul Jogja, dan mulai buka dari pukul 06.30 pagi. Meskipun tempat sarapan di Jogja ini selalu ramai, tapi kesan tenang dapat anda temukan karena dari warung ini anda bisa melihat pemandangan alun-alun kidul Jogja di pagi hari. Warung ini sering dikunjungi pelanggan setelah bersepeda atau jogging pagi di alun-alun kidul.

Untuk dapat menikmati satu piring nasi brongkos koyor, anda cukup mengeluarkan IDR22.000 per porsi, dan lauk sampingan disini juga tidak mahal. Lebih baik anda berkunjung ke tempat ini di pagi hari, karena ketika hari menjelang siang, warung ini penuh berjubel dengan pelanggan setia brongkos buatan Bu Handayani.

Bubur Ayam Syarifah

Bagi anda yang tidak terbiasa untuk sarapan menggunakan nasi, maka bubur lah solusinya. Tempat sarapan di Jogja dengan bubur yang terkenal akan kelezatan rasanya tentu saja Bubur Ayam Syarifah. Warung ini menjadi favorit mahasiswa Jogja karena porsinya yang cukup banyak dan lengkap. Bubur ayam ini memiliki tekstur yang khas dan dilengkapi dengan isian suwiran ayam, potongan cakue, kacang kedelai, daun seledri, serta kerupuk. Saking banyak menu isian di dalam semangkok bubur, anda akan bingung darimana mulai makannya. Kemudian kuah bubur disediakan terpisah sehingga anda bisa menuangkan sesuai selera anda.

Selain bubur ayam, tersedia juga berbagai menu lain seperti mie. Jadi bila dirasa kurang kenyang, anda bisa memesan menu lain disini. Kemudian, di Bubur Ayam Syarifah juga disedikan lauk pauk pendamping seperti gorengan dan aneka sate untuk menambah kenikmatan sarapan anda. Anda pun juga bisa me-request bubur pesanan anda seperti tambahan kerupuk ataupun kacang kedelai dan tidak dikenakan biaya.

Harga untuk semangkok bubur ayam dengan isian lengkap cukup murah, yakni IDR9.000 saja. Bubur Ayam Syarifah sudah membuka banyak cabang di Jogja seperti di Galeria Mall, Jakal 7, Samirono. Apabila anda ingin mencicipi sarapan di Bubur Ayam Syarifah, lebih baik datang di pagi hari karena biasanya menu bubur ayam akan habis sekitar pukul 09.00 WIB karena ramai diburu oleh pengunjung. Jadi, jangan kesiangan kalau tidak ingin kehabisan bubur tempat sarapan di Jogja andalan pecinta bubur ini.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts