5 Oleh-Oleh Khas Aceh Ini Wajib di Bawa Pulang

 
ONBETQQKULINER - Dikenal sebagai Kota Serambi Mekkah, Aceh memiliki ragam pesona yang menjadi daya tarik banyak wisatawan. Selain tempat wisata dan tempat kuliner, Aceh juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang sebagai cindera mata. Oleh-oleh ini dapat dengan mudah kita temukan di sepanjang jalan perkotaan.Agen Domino 99 Terpercaya

 Kopi Aceh
Popularitas kopi Aceh memang dikenal oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak jarang, mereka pun memborongnya sebagai oleh-oleh. Lokasi terbaik untuk membeli kopi Aceh adalah Kopi Ulee Kareng di Jalan Lamreung No 2, Banda Aceh. Sepanjang Jalan Lamreung memang dikenal sebagai pusat sentra oleh-oleh kopi Aceh, jadi kita bisa lebih mudah menemukannya.
Kelebihan kopi Aceh sendiri ada pada aroma serta cita rasa nikmat yang berbeda dari kopi-kopi daerah lain di Indonesia. Selain Kopi Ulee Kareng, ada pula kopi robusta, kopi Aceh Gayo, serta kopi tarik khas Aceh yang tak kalah nikmat untuk dicoba.

Dendeng Aceh
Berbeda dari kebanyakan dendeng yang terbuat dari daging sapi, dendeng Aceh justru menggunakan daging rusa sebagai bahan dasarnya. Ada beberapa pilihan rasa dendeng yang bisa kita coba, mulai dari manis, asin, hingga rasa kari yang cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Meski diolah tanpa bahan pengawet, oleh-oleh khas Aceh yang satu ini bisa bertahan sampai tiga bulan.

Kue Keukarah
Keukarah adalah camilan yang biasa disajikan bersama dengan kopi Aceh. Oleh-oleh khas Aceh ini memiliki rasa manis dan tekstur renyah yang berasal dari tepung beras dan gula. Bentuk keukarah pun sangat unik, yakni serupa jaring yang melingkar dengan warna kecokelatan.

Dodol Aceh
Dodol tentunya sudah familiar di telinga kita. Aceh pun ternyata juga memiliki dodol khasnya sendiri, dari yang rasa durian, kelapa, nanas dan masih banyak lainnya. Teksturnya pun seperti dodol pada umumnya yakni warna hitam pekat, kenyal dan manis. Setelah proses memasak selesai, dodol ini akan dibungkus menggunakan plastik sedemikian rupa hingga sekilas menyerupai bungkusan gula jawa.

 Kue Kacang Hijau Sabang
Kue kacang hijau sudah sejak lama menjadi salah satu cemilan warga Kota Sabang, Pulau We, Nanggroe Aceh Darussalam. Pada tahun 1980-an, beberapa warung menjual kue kacang hijau buatan ibu rumah tangga itu dengan cara diletakkan di atas nampan atau piring. Kini kue kacang hijau pun sudah dibungkus dengan apik oleh kemasan-kemasan menarik sehingga praktis dijadikan oleh-oleh.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts