Sate Khas Indonesia yang Menggugah Selera

-Sate merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun mengaku menyukai sate dari Indonesia.
Sate memang nikmat dimakan kapan saja, terutama di malam hari saat kita sedang sangat kelaparan. Makanan yang ditusuk kemudian dibakar ini juga lezat dinikmati bersama nasi atau lontong.

 Apa saja sih sate khas Indonesia yang menggugah selera?

1. Sate Madura

 sate madura

Dari namanya, jelas sate ini datang dari Madura. Biasanya, sate Madura menggunakan daging kambing atau daging ayam.
Bumbu yang digunakan ada dua jenis yakni bumbu kacang dan bumbu kecap yang berisi potongan bawang merah, cabai rawit, dan tomat.
Sate yang satu ini adalah salah satu sate yang paling mudah kita temui. Sate Madura umumnya dapat dibeli di malam hari di penjual pinggir jalan.

2. Sate Maranggi

 sate maranggi

Nah, kalau sate ini Moms bisa temui di daerah Jawa Barat. Daging yang digunakan adalah daging sapi dan kambing.
Namun sebelum dibakar, daging terlebih dahulu direndam dengan bumbu sampai meresap. Sehingga tanpa saus kacang pun, satenya sudah terasa nikmat dan empuk.

3. Sate Padang

 sate padang

Siapa yang tak kenal sate Padang? Sate ini sangat cocok bila kita menyukai rasa yang pekat, karena memiliki saus kental dan pedas yang kaya rempah-rempah.
Sate Padang tak hanya menggunakan daging sapi saja, namun juga menggunakan lidah dan usus. Rasa lidah yang legit sangat pas dimakan bersama sausnya yang kental.

4. Sate Lilit

 sate lilit

Sate yang berasal dari Bali ini terbilang unik. Daging yang digunakan beragam, bisa ikan, daging sapi, daging babi, hingga daging kura-kura.
Daging dicincang halus kemudian dililitkan pada sebatang serai. Sehingga sate menjadi empuk dan harum.

5. Sate Buntel

 sate buntel

Sate dari Solo atau Surakarta ini sangat mirip dengan isian kebab. Daging sapi atau kambing bagian perut dicincang kemudian dililitkan pada tusuk bambu dan dilapisi dengan membran daging atau lemak.
Penyajiannya, daging dilepas dari tusukan kemudian diiris tipis dan disajikan bersama kecap dan merica.

6. Sate Banjar

 sate banjar

Sate khas Kalimantan ini hanya menggunakan daging ayam pada bagian paha, sehingga sate terasa lumer di mulut.
Daging dilumuri bumbu terlebih dahulu kemudian dibakar. Penyajiannya pun unik, karena menggunakan bumbu pecal dengan lontong.

7. Sate Tegal

 sate tegal

Moms suka daging kambing muda? Berarti wajib mencoba sate asal Tegal ini.
Satenya menggunakan kambing yang belum 5 bulan. Sehingga dagingnya super empuk dan juicy. Sausnya pun sederhana, hanya kecap dengan irisan bawang, cabai, dan tomat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAKAKCASH







ONEBETQQ






Popular Posts

Search This Blog

SATUQQ






Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Recent Posts